Selasa, 10 Mei 2016

Imam Sibawaih Bikin Bingung Malaikat

Diceritakan Imam sibawaih bisa selamat dari pertanyaan kubur.
Ketika itu setelah acara penguburan selesai...datanglah malaikat dngan wajah yg seram seraya bertanya dngan nada keras:
Malaikat: man robbuka?
Imam : tunggu tunggu tunggu,anda tanya saya man robbuka?
Malaikat: iya
Imam: itu yg anda tanyakan man nya itu man isim mausul/man isim syarat?
Kalo man isim mausul harus punya shilah...kalo isim syarat harus ada jawab syaratnya.
Malaikat bingung) ini orang ditanya kok malah balik naya?!....( malaikat kan gak belajar ilmu nahwu)
Malaikat: bentar bentar bentar...... Saya lapor dulu pada robbul 'izzah..
Malaikat: ya robb.engkau nyuruh hamba nanyain pertanyaan kubur pada orng yg baru saja di kubur.. Tp dai malah balik nanya:itu man nya man isim maushul/man isim syarat?.saya kan bingung.wong saya dulu gak ngaji nahwu.
Robb:siapa orang yg kau tanya?....
Malaikat: ea gak tahu wong saya belum sempet kenalan.kan saya datang langsung saya tanya.
Robb: ya udah,itu orang gak usah di tanya lagi Nanti kamu malah tambah bingung.


Tidak ada komentar: