Jumat, 05 Agustus 2016

Sosok Kiai Idris Menurut Kiai Kafa Bihi Lirboyo


"Dalam pandangan saya Kiai Idris Marzuqi itu figur yang bijaksana dan dengan keluarga itu sering mengalah. Sehingga menjadikan keluarga bersatu. PERSATUAN BISA TERWUJUD DENGAN ADANYA PIHAK YANG MENGALAH.
Beliau juga seorang yang rendah hati atau tawadlu'. Saya itu adik misanan beliau. Tetapi beliau TIDAK PERNAH MEMANGGIL LANGSUNG NAMA SAYA. Beliau selalu memanggil saya dengan panggilan Cak Bik.
Contoh ketawadluan Kiai Idris yang lain, ini saya dengar dari sopir beliau. Bila mobil saya ada di depan, beliau pasti dhawuh ke sopirnya JANGAN MENYALIP.
Yang mengagumkan lagi dari Kiai Idris adalah istiqomahnya.
Kita tahu, sosok beliau ada yang mencintai juga ada yang membenci. Kepada Allah saja ada yang senang ada yang tidak. Para nabi juga begitu. Kiai Idris menghadapi orang-orang yang tidak senang dengan sikap ihsan. Tidak dibalas dengan sikap yang buruk.
Dengan kewafatan Kiai Idris, santri saya harap tetap tenang. Karena keponakan beliau alim-alim.
Kalian tidak perlu mutung pindah dari Lirboyo. Semoga kalian semua mendapatkan berkah dari Masyayekh Lirboyo."

*Disampaikan oleh KH. ABDULLOH KAFA BIHI MAHRUS dalam acara FIDAAN untuk Al Maghfur lah KH. A. Idris Marzuqi di Ndalem Timur.

Tidak ada komentar: